ALAT DETEKSI DINI PENYALAHGUNAAN NAPZA/NARKOBA
di Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Anak Nakal dan Korban NAPZA Surabaya
(UPT Rehsos ANKN Surabaya)
(UPT Rehsos ANKN Surabaya)
Jl. Balongsari Dalam I no. 1 tlp/fax: 031-7405256, Surabaya 60186
Alat sederhana ini dapat digunakan oleh para orang tua, guru atau pihak-pihak yang masih awam
dalam mengenali apakah seseorang dicurigai menggunakan NAPZA/NARKOBA atau tidak,
walaupun untuk mendeteksi akurasi 100% untuk legal-formal, akhirnya harus menggunakan alat
tes urine atau tes darah atau tes rambut di laboratorium. Namun, percayalah, jika ciri-ciri signifikan
yang tercantum dalam deteksi dini ini mayoritas kolom YA yang diberi tanda check (V), maka
lakukan konsultasi atau koordinasi ke pihak-pihak yang memiliki kapasitas dalam penanggulangan penyalahgunaan NAPZA/NARKOBA. Misalnya, ke UPT Rehsos ANKN Surabaya.
Cara menggunakan alat deteksi dini ini adalah dengan melihat tanda fisik, mental, sosial dan tanda
lainnya pada diri seseorang yang kita curigai "menyimpang". Berilah tanda check (V) pada
karakteristik yang sesuai dengan pengamatan anda (YA atau TIDAK), baik TANDA-TANDA DI RUMAH dan atau TANDA-TANDA DI SEKOLAH.
Mudah-mudahan ada manfaatnya ...
TANDA-TANDA DI RUMAH
JENIS DETEKSI
|
NO
|
TANDA-TANDA DI RUMAH
|
YA
|
TDK
|
FISIK
|
1
|
No
eye contact (jika diajak berbicara jarang kontak mata)
|
||
2
|
Bicara
pelat/cadel
|
|||
3
|
Sering
makan permen karet atau permen mentol untuk menghilangkan bau mulut
|
|||
4
|
Sering
memakai kacamata gelap dan atau topi untuk menutupi mata telernya
|
|||
5
|
Sering
membawa obat tetes mata
|
|||
6
|
Mempunyai
banyak hutang serta menggadaikan barang-barang atau menjual barang-barang
|
|||
7
|
Tidak
memperhatikan kebersihan/kerapian diri sendiri (kamar berantakan, tidak
mandi, dll)
|
|||
8
|
Menunjukkan
gejala-gejala ketagihan (demam, pegal2, menguap, tidak bisa tidur
berhari-hari, emosi labil, garuk-garuk muka/leher, hidung meler, dll)
|
|||
9
|
Sering
meminta obat penghilang rasa sakit (analgesic) dengan alasan demam, pegal,
linu atau obat tidur dengan alasan tidak bisa tidur
|
|||
SIKAP
|
1
|
Keras
kepala (susah dinasehati)
|
||
2
|
Sering
meyalahkan orang lain untuk kesalahan yang dia buat
|
|||
3
|
Tidak
pernah konsisten dalam berbicara (mancla-mencle) yang penting menguntungkan
untuk posisinya
|
|||
4
|
Sering
beralasan yang dibuat-buat (rationalize)
|
|||
5
|
Sering
berbohong (manipulate)
|
|||
6
|
Sering
mengancam, menantang atau sesuatu hal yang dapat menimbulkan kontak fisik
atau perkelahian untuk mencapai keinginannya
|
|||
7
|
Berbicara
kasar kepada orang tua atau anggota keluarga lainnya
|
|||
8
|
Lebih
sering dihukum atau dimarahi
|
|||
9
|
Bila
dimarahi, makin menjadi-jadi dengan menunjukkan sifat membangkang
|
|||
10
|
Tidak
mau mempedulikan peraturan di lingkungan keluarga
|
|||
11
|
Sering
merongrong keluarga untuk meminta uang dengan berbagai alasan
|
|||
12
|
Selalu
meminta kebebasan yang lebih
|
|||
13
|
Jarang
mau makan atau berkumpul bersama keluarga
|
|||
14
|
Emosi
tidak stabil (naik-turun)
|
|||
15
|
Omongannya
basa-basi dan menghindari pembicaraan yang panjang
|
|||
16
|
Mudah
berjanji, mudah pula mengingkari dengan berbagai alasan
|
|||
17
|
Pupusnya
norma atau nilai yang dahulu dimiliki
|
|||
18
|
Bersikap
aneh-kontradiktif (kadang banyak bicara, kadang pendiam/sensitif, dll)
|
|||
19
|
Tidak
mau diajak bepergian yang lama (keluar kota, menginap, dll)
|
|||
AKTI-
FITAS
|
1
|
Jika
keluar rumah sembunyi-sembunyi (tdk pernah bilang)
|
||
2
|
Siklus
kehidupan menjadi terbalik (siang tidur, malam melek/keluyuran)
|
|||
3
|
Sering
tidak pulang berhari-hari
|
|||
4
|
Sering
keluar rumah sebentar kemudian kembali ke rumah
|
|||
5
|
Semakin
jarang mengikuti kegiatan keluarga
|
|||
6
|
Mulai
melalaikan tanggung jawab rutinnya di rumah
|
|||
7
|
Sering
pulang lewat jam malam
|
|||
8
|
Sering
pergi ke disko, mall atau pesta
|
|||
9
|
Menghabiskan
uang tabungannya atau selalu kehabisan uang (bokek)
|
|||
10
|
Barang-barang
berharga miliknya atau milik keluarga yang dipinjam hilang dan sering tidak
dilaporkan
|
|||
11
|
Waktunya
di rumah banyak dihabiskan di kamar sendiri atau di kamar mandi
|
|||
KON-DISI
LEBIH JAUH
|
1
|
Berubah
teman dan jarang mau mengenalkan teman-temannya
|
||
2
|
Teman
sebayanya makin lama tampak mempunyai pengaruh negatif
|
|||
3
|
Berani
berbuat kekerasan dan kriminal
|
|||
4
|
Ada
obat-obatan, kertas timah, bong (botol yg ada penghisapnya) maupun
barang-barang aneh lainnya (alumunium foil, spuit/jarum suntik, gulungan
uang/kertas, dll), bau-bauan yang tidak biasa (di kamar tidur atau kamar
mandi) walau menyangkal bukan miliknya
|
|||
5
|
Teman-teman
lamanya (yang baik) mulai menghindar
|
|||
6
|
Paranoid
(ketakutan, berbicara sendiri, merasa selalu ada yang mengejar, dll)
|
|||
TANDA-TANDA DI SEKOLAH
JENIS DETEKSI
|
NO
|
TANDA-TANDA DI SEKOLAH
|
YA
|
TDK
|
FISIK
|
1
|
No
eye contact (jika diajak berbicara jarang kontak mata)
|
||
2
|
Bicara
pelat/cadel
|
|||
3
|
Sering
menunggak uang sekolah atau biaya lain-lainnya
|
|||
4
|
Sering
makan permen karet atau permen mentol untuk menghilangkan bau mulut
|
|||
5
|
Sering
memakai jaket ke sekolah (untuk menutupi bekas suntikan, kedinginan, dll)
|
|||
6
|
Sering
memakai kacamata gelap dan atau topi untuk menutupi mata telernya
|
|||
7
|
Sering
membawa obat tetes mata
|
|||
8
|
Mempunyai
banyak hutang ke teman sekolahnya serta menggadaikan barang-barang atau
menjual barang-barang
|
|||
9
|
Di
kelas sering mengantuk dan tidak memperhatikan guru
|
|||
10
|
Motivasi
sekolah menurun (malas berangkat sekolah, tidak mengerjakan PR, dll)
|
|||
11
|
Sering
dipanggil guru karena tidak disiplin, dll
|
|||
12
|
Tidak
peduli pada kebersihan dan kerapian diri sendiri
|
|||
13
|
Sering
beralasan sakit ketika sedang belajar
|
|||
SIKAP
|
1
|
Tidak
pernah konsisten dalam berbicara (mancla-mencle) yang penting menguntungkan
untuk posisinya
|
||
2
|
Sering
beralasan yang dibuat-buat (rationalize)
|
|||
3
|
Sering
berbohong (manipulate)
|
|||
4
|
Sering
mengancam, menantang atau sesuatu hal yang dapat menimbulkan kontak fisik
atau perkelahian untuk mencapai keinginannya
|
|||
5
|
Berbicara
kasar kepada guru atau teman lainnya
|
|||
6
|
Mengisolasi
diri
|
|||
7
|
Tidak mau
mempedulikan peraturan di sekolah (sering membuat ulah di sekolah)
|
|||
8
|
Selalu
meminta kebebasan yang lebih
|
|||
9
|
Omongannya
basa-basi dan menghindari pembicaraan yang panjang
|
|||
10
|
Mudah
berjanji, mudah pula mengingkari dengan berbagai alasan
|
|||
11
|
Bersikap
aneh-kontradiktif (kadang banyak bicara, kadang pendiam/sensitif, dll)
|
|||
12
|
Menunjukkan
sikap tidak peduli dan apatis
|
|||
13
|
Mulai
melalaikan tanggung jawab rutinnya sebagai pelajar di sekolah
|
|||
14
|
Bila
dimarahi, makin menjadi-jadi dengan menunjukkan sifat membangkang
|
|||
15
|
Mengeluh tentang
keadaan keluarga (kurang perhatian, terlalu kolot/disiplin, dll)
|
|||
16
|
Bila
ditanya sikapnya defensif dan penuh kebencian
|
|||
17
|
Mudah
tersinggung
|
|||
18
|
Serimg
beralasan sakit ketika sedang belajar
|
|||
19
|
Emosi tidak
stabil (naik-turun)
|
|||
20
|
Keras
kepala (susah dinasehati)
|
|||
21
|
Sering
meyalahkan orang lain untuk kesalahan yang dia buat
|
|||
22
|
Sikapnya
manipulatif
|
|||
AKTI-FITAS
|
1
|
Sering
berada di kamar mandi sekolah dengan waktu yang tidak lazim
|
||
2
|
Lebih
sering dihukum atau dimarahi
|
|||
3
|
Mulai
berkumpul dengan anak-anak yang tidak beres di sekolah
|
|||
4
|
Sering
pulang sebelum selesai jam pelajaran
|
|||
5
|
Nilai
sekolah turun
|
|||
6
|
Sering
keluar kelas dan tidak kembali lagi ke sekolah
|
|||
7
|
Berubahnya
gaya pakaian dan gaya musik yang disukai
|
|||
8
|
Teman lama
ditinggalkan
|
|||
9
|
Meninggalkan
hobi-hobi yg terdahulu (misal olah raga atau kegiatan ekstrakurikuler yang
dahulu digemari)
|
|||
10
|
Jika keluar
kelas/sekolah sembunyi-sembunyi (tdk
pernah bilang)
|
|||
11
|
Semakin
jarang masuk atau mengikuti kegiatan di sekolah
|
|||
12
|
Sering meminta
obat penghilang rasa sakit (analgesik) dengan alasan demam, pegal, linu atau
obat tidur dengan alasan tidak bisa tidur
|
|||
KON-DISI LEBIH JAUH
|
1
|
Berani
berbuat kekerasan dan kriminal
|
||
2
|
Barang-barang
siswa di kelas atau di sekolah banyak yang hilang
|
|||
3
|
Ada
obat-obatan, kertas timah, bong (botol yg ada penghisapnya) maupun
barang-barang aneh lainnya (alumunium foil, spuit/jarum suntik, gulungan
uang/kertas, dll), bau-bauan yang tidak biasa (di kamar mandi sekolah) walau
menyangkal bukan miliknya
|
|||
4
|
Paranoid
(ketakutan, berbicara sendiri, merasa selalu ada yang mengejar, dll)
|
|||
5
|
Menunjukkan
gejala-gejala ketagihan (demam, pegal2, menguap, tidak bisa tidur
berhari-hari, emosi labil, garuk-garuk wajah/leher, hidung meler, dll)
|
|||
6
|
Teman-teman
lamanya (yang baik) mulai menghindar
|
No comments:
Post a Comment