Tuesday, May 15, 2012

Panduan Morning Meeting (di UPT Rehsos ANKN Surabaya/Reguler KN)


PANDUAN MORNING MEETING
DI UPT REHSOS ANKN SURABAYA (KN REGULER)

    Morning meeting
     Pengertian
Adalah merupakan suatu upaya untuk mengembangkan kemampuan sosial dan emosional klien di dalam kelas. Di dalam Morning Meeting klien diajak untuk bermain sebuah permainan yang dapat membantu untuk mengembangkan kemampuan bekerjasama, kemampuan untuk berkomunikasi dan kemampuan untuk saling menghargai satu sama lain.
     Tujuan
 1)    Membangun rasa percaya diantara satu klien dengan klien yang lain sehingga
      terbangun kemampuan kerjasama yang efektif.
 2)    Membangun hubungan antara instruktur dengan klien, klien dengan instruktur, dan
       klien dengan klien
 3)    Mengembangkan rasa empati terhadap lingkungan di sekitar mereka.
 4)    Belajar membuat rencana dan memecahkan masalah yang ada.
 5)    Mengembangkan kemampuan untuk berkolaborasi.
 6)    Mengembangkan kemampuan berkomunikasi.
 7)    Mengembangkan kemampuan untuk mengekspresikan diri.


      Materi
 1)    Doa
 2)      Ikrar
 3)      Pengumuman
 4)      Pull up/teguran ringan
 5)      Pernyataan pribadi (motivasi, penghargaan, dll)
 6)      Berita aktual
 7)      Issue/masalah inti dalam keluarga
 8)      Konsep hari ini
 9)      Permainan
 10)  Doa
 11)  Yel-yel




 CARA MORNING MEETING (PERTEMUAN PAGI)


NO
STRUKTUR
C A R A
1
2
3
1.
Ketentuan
1.     Sebelum Morning Meeting dimulai Chief (Ketua)  dan
     Expeditor (wakil Ketua) melakukan Open House
   (keliling dalam asrama) melakukan sidak  ke semua asrama mengecek dan mengambil barang-barang yang tidak pada tempatnya sebagai barang Pull Up (teguran/ peringatan )
2.     Mayor (Petugas Piket) mengecek ulang ke Asrama
    untuk memastikan Chief dan Expeditor bekerja dengan baik
3.     Formasi MM berkumpul sesuai asrama dengan
      membentuk letter U
4.     Pekerja Sosial, Chief dan Expeditor menempati kursi
     di depan semua klien
5.     Expeditor mencatat semua proses dalam MM dalam
     buku log secara akurat dan menandatanganinya
     bersama chief serta pekerja sosial seusai MM
6.     Semua barang pull up, dikumpulkan di depan
2.
Greeting/Salam
1.     Pekerja sosial mengucapkan salam kepada klien
“Selamat pagi keluarga !”
Klien menjawab:
“Selamat pagi Sis/Bro …”
2.     Pekerja sosial mengucapkan pada hari ini tanggal ……. (sebut hari, bulan, tahun dan jam) kita akan melaksanakan MM dengan Mayor ……… (sebut nama karyawan yang memimpin serta chief dan expeditor)
3.     Setelah pekerja sosial mengucapkan butir 2, semua
     audience bertepuk tangan
3.
Do’a
1.    Chief memerintahkan semua klien untuk berdiri. Saling
     rangkul bahu dan mengucapkan:
 “Sebelum Morning Meeting dimulai mari kita membaca berdoa dahulu dipimpin oleh……………….. (sebutkan klien yang ditunjuk tanpa keluar lingkaran)”
2.      Do’a diucap klien yang ditunjuk, diikuti semua klien
4.
Ikrar
1.    Klien masih dalam keadaan berdiri dan saling rangkul
     bahu
2.    Ikrar diucapkan oleh klien yang telah ditunjuk, diikuti
     semua klien
3.    Setelah ikrar selesai, semua klien duduk di kursi 
     masing-masing
5.
Announcement (Pengunmuman)
1.    Chief berdiri dan mempersilakan klien yang akan
     melakukan pengumuman berurut berdasarkan asrama
2.    Bagi Klien yang akan memberi engumuman berdiri dari
     tempat duduk dan mengucap:
“Saya ….. (sebut nama), selamat pagi keluarga!”
3.    Seluruh klien menjawab:
“Selamat pagi …… (sebut nama klien yang memberikan pengumuman)”
4.    Klien yang bersangkutan membacakan pengumumannya dengan mengucap:
“Pengumuman saya adalah ……. (sebut pengumumannya)”
5.      Selesai membaca pengumuman mengucapkan:
“Demikian pengumuman saya, terima kasih keluarga!”
6.      Semua klien menjawab:
“Terima kasih …… (sebut klien yang memberikan pengumuman)
6.
Pull up (teguran/
peringatan)
1.    Klien yang akan memberikan teguran berdiri dari
     tempat duduknya, dan mengucapkan:
 “ Saya ………………. (sebut nama sendiri), selamat pagi keluarga!”
2.    Seluruh klien menjawab ; “Selamat pagi …………….
     (sebut nama yang memberikan teguran)
3.    Klien mengutarakan teguran  dari tempat duduknya,
     dengan mengucap:
“Selamat pagi …. (sebut nama klien yang diingatkan)” Klien yang diingatkan membalas:
“Selamat pagi …. (sebut nama klien yang mengingatkan)”
“Saya akan menegur  ……. (sebut nama klien yang akan ditegur)”
4.      Klien yang ditegur berdiri dari tempat duduknya
    menghadap klien yang menegur. Klien yang menegur mengucap:
“Saya menegur kamu atas perbuatan ….., karena koneksinya di luar ….., saya harap kamu dapat merubahnya”
5.      Jika ada barang ingatan, keluarkan barang tersebut dan tanyakan:
“Apakah ini benar milik kamu?” kemudian klien yang diingatkan menjawab:
“Benar/bukan!”
6.      Jika benar berikan barang pull-up-nya kepada yang
      memiliki, dilanjutkan seperti urutan nomor 4
7.      Jika salah, maka klien yang menegur dapat
   menyampaikan permohonan maafnya kepada yang ditegur, kemudian mengumumkan barang tersebut milik siapa, dengan prosedur selanjutnya dimulai dari awal teguran
8.      Setelah itu, dua pihak saling mendekat dan saling
      berangkulan dan kedua belah pihak mengucap:
“Terima kasih keluarga!”, keluarga mengucap:
“Terima kasih …. (sebut nama yang mengingatkan dan yang diingatkan)”
9.    Jika mengingatkan 10 Orang
a.    Semua klien yang diingatkan menghadap klien yang
     mengingatkan
b.    Prosedur selanjutnya sama dengan jika
     mengingatkan 1 orang

7.
Motivation/
Acknowledge
(Motivasi/
pernyataan
pribadi/
penghargaan)
1.    Klien yang akan memberikan pernyataan pribadi (PP)
     berdiri dari tempat duduknya, dan mengucap:
“Saya …. (sebut nama sendiri), selamat pagi keluarga!”, keluarga menjawab:
“Selamat pagi …. (sebut nama yang memberikan PP)”
2.      Klien yang akan memberikan PP selanjutnya
      mengucap:
“Saya akan memberikan PP kepada …. (sebut nama/kelompok yang diberikan PP)”
3.      Klien/kelompok yang diberikan PP berdiri dari tempat
    duduknya dan saling bertatap muka, lalu pengucap PP berkata:
“Saya berterima kasih/mengucapkan selamat ulang tahun/akan memberikan motivasi kepada ….. (sebut nama yang diberikan PP), karena kamu ….. (sebut alasannya). Jika berupa penghargaan, maka diakhiri oleh kata-kata:
“Diharapkan kamu dapat mempertahankan sikap baik tersebut” Jika PP berupa motivasi, maka kalimat pemberi PP diakhiri:
“Saya harap kamu tetap semangat”
4.      Kemudian masing-masing berpelukan
5.      Khusus untuk penghargaan, setelah ucapan
     penghargaan diberikan, yang memberikan penghargaan mengucapkan:
“Kita beri big applause (tepuk tangan) untuk … (sebut nama yang diberi PP)”
6.      Sebelum ke dua pihak kembali ke tempat masing-
      masing, kedua-duanya menghadap audiens dan
      mengucap:
“Terima kasih keluarga ….” Keluarga mengucap:
“Terima kasih …. dan …. (sebutkan nama kedua belah pihak)”
8.
Berita Aktual
(BA)
1.      Klien yang memberikan berita actual maju, dengan
      mengucap:
“Saya …. (sebut nama diri), selamat pagi keluarga …”Keluarga menjawab:
“Selamat pagi … (sebut nama pemberi BA)”
2.      Pemberi BA berdiri dari tempat duduknya dan berkata:
“Berita actual saya hari ini adalah …. (sebut beritanya)”
3.      Setelah selesai mengucapkan berita, pemberi BA
      mengucap:
“Terima kasih keluarga!”, keluarga menjawab:
“Terima kasih … (sebut nama pemberi BA)”
4.      Pemberi BA kembali duduk
5.      Keluarga memungkinkan bertanya mengenai BA
    tersebut dengan prosedur, ketika selesai pengucapan BA, keluarga mengacungkan telunjuk dengan mengucap:
“Saya …. (sebut nama diri), saya akan bertanya mengenai … (sebut pertanyaannya)”
6.      Pemberi BA menjawab sesuai dengan keperluan,
      proses selanjutnya sama dengan sruktur lain
9.
Issue (masalah
inti dalam
keluarga)
Prosedur sama dengan pengucapan BA
10.
Permainan
1.      Setelah acara inti selesai, duduk seluruh keluarga bisa
      santai, namun tetap dengan norma kesopanan
2.      Klien/kelompok yang akan mementaskan permainan
      maju ke depan sampai permainan selesai
3.      Salam awal dan akhir sama dengan struktur lain
11.
Do’a Penutup
Prosedur sama dengan do’a awal
12.
Yel-yel
Aba-aba diberikan 1 orang, namun pengucapan secara bersama

UPT RSKN, HARAPAN MASA DEPAN …. YESSS!!!
RSKAN HEBAT!
RSKN KUAT!
RSKN PALING OK!
YANG LAIN …. GAK JANJI DEHHH …



MORNING MEETING SHEET


 NAMA ASRAMA                  :           …………………………………………………………………………………………..
 JUMLAH KELUARGA         :           ………. orang, hadir : ………. orang, tidak hadir : ………. orang
 HARI & TANGGAL              :           …………………………………………………………………………………………..
 WAKTU/JAM                        :           …………………………………………………………………………………………..
 FASILITATOR                       :           1. ………………………………………..  2. ……………………………………….
                                                          3. ………………………………………..  4. ……………………………………….

NO
P  R  O  S  E  S
NAMA
KETERANGAN
1.
DO’A






2.
IKRAR






3.
PENGUMUMAN (announcement)














4.
TEGURAN RINGAN (Teguran/Peringatan)














5.
Motivasi/Pernyataan Pribadi/Penghargaan (Motivation/Acknowledge)














6.
BERITA AKTUAL (BA)










7.
MASALAH INTI DALAM KELUARGA (Issue)














8.
PERMAINAN






9
DOA KEDAMAIAN






10
YEL-YEL






                      
Mengetahui,
FASILITATOR

1.     ………………………………………………..
2.     ………………………………………………..
3.     ………………………………………………..
                4.     ………………………………………………..
C  H  I  E  F




( ……………………………………………..)

No comments:

Post a Comment